Tuesday, August 10, 2010

Besok Puasa

Halo semuanya! Besok puasa tanggal 1 Ramadhan 2010. hehe
Maka malem ini gue mau ngucapin :

SELAMAT BULAN RAMADHAN
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN!
Gue mohon maaaaf banget kepada siapa aja yang hati dan perasaannya pernah gue sakitin. Mungkin karena gue khilaf. hehe
Siang ini, gue sama dua orang kakak gue ziarah ke kuburan. Ke kuburan seseorang yang disini gue kasih nama Fairy. Kenapa? karena orang itu bener-bener seperti peri dalam hati dan hidup gue.
Okey, seperti sehari sebelum puasa kebanyakan, pemakaman bisa dibilang rame banget. Rame-serame-ramenya orang ziarah. Bahkan motor, mobil sampai maceeet banget.
Ironis banget kalau gue ngeliat pemakaman hari-hari biasa. Di sebelah kuburan Fairy, biasanya yang paliiing sering gue temuin adalah seorang bapak berusia sekitar 37 tahun yang istrinya meninggal saat melahirkan anaknya yang juga meninggal dunia, gue berfikir betapa setianya bapak itu dan bagaimana beruntungnya istrinya itu kalau dia masih hidup. Atau mungkin walaupun dia udah nggak ada, dia tetap beruntung karena punya suami yang rajiiin banget berkunjung untuk berdoa. Selain itu mungkin masih banyak lagi yang berkunjung, cuma nggak sebanyak dan bahkan sampai macet begini. Sampai-sampai ada tukang parkir yang setia mintain duit parkir.
Dikuburan hari ini, gue melihat berbagai wajah. Ada yang jalan dengan mata sembab (mungkin karena sedih keinget orang yang udah pergi), ada yang cuma tertawa sambil ngobrol bareng temennya, ada yang yang datar-datar aja.
Gue juga melihat banyak baju yang dipakai. Ada yang make baju muslim sopan, ada yang make baju ketat, ada yang pake baju tidur tapi pake make up super tebel, bahkan ada yang make paduan celana pensil, kaos ketat sama selendang. Mungkin habis ziarah tuh orang mau langsung cabut ke mall bareng pacarnya! >0<
Gue jadi mikir gimana kalau gue meninggal nanti. Gimana ya kalau nanti, pas gue meninggal, yang doain gue cuma datang pas hari pertama sebelum puasa dan pas lebaran aja? Cuma dua kali dalam setahun! Itupun kalau pas lebarannya nggak sibuk nerima tamu!
Gue jadi iri sama istri yang meninggal itu, walaupun cuma suaminya, setidaknya ada yang mendoakannya setiap hari.
Sedangkan gue? Bisa jadi nggak ada yang doain sama sekali! hiks! :(
Dan sekarang ini, lahan pemakaman makin sempit. Gue inget, makam fairy yang dulunya berada di paling pojok kanan sekarang jadi hampir masuk deretan pojok kiri karena di sebelahnya udah muncul berpuluh-puluh saf orang meninggal baru padahal baru sekitar 1 tahunan fairy nggak ada.
Abang gue sering nanya, "Kalau kita mati, kita mau dimana ya? Nggak cukup lagi!"
dan gue cuma bisa bilang, "Mungkin kalau udah penuh kita bakalan dikremasi."
Dan abang gue cuma bisa geleng-geleng kepala, takut membayangkan badanya di bakar. hehe
Setiap berkunjung ke pemakaman di hari biasa, sering banget, gue dan abang gue ngeliat orang-orang yang di makamkan hari itu. Dan seperti biasa, gue dan abang gue terlibat pembicaraan yang mengangkat topik , "gimana kalau gue mati nanti".
Abang gue : Dia meninggalnya hari jum'at. Pasti masuk surga, kan katanya meninggal hari jum'at masuk surga.
Gue : Iya, abang berdoa aja meninggal hari jum'at.
Abang gue : Emang bisa dikabulin?
Gue :Kalau takut bunuh diri aja hari jum'at.
Abang gue : Iya kalau langsung mati. Kalau koma dulu gimana? terus matinya pas malem minggu. hehe
Gue : *cuma geleng-geleng kepala bingung.*
Dan itulah yang sering terjadi. Bagaimana, bagaimana dan bagaimana! hehe
gue bingung bagaimananya nanti. Karena gue sampe sekarang belum tobat-tobat juga. Gue belum bisa jaga mulut, kelakuan dan hal-hal lain yang nggak patut gue lakuin.
Gue kadang tobat juga sih, cuma gue sadar kalau itu nggak berlangsung cukup lama. Seperti waktu denger ceramah sampai nangis-nangis, habis itu gue langsung berubah. Rajin sholat, mengaji, dll. Tapi besoknya berubah bejat lagi. hehe
Atau waktu gue baca Chiken Soup yang katanya buku paling memberikan motivasi sedunia itu,
besoknya gue jadi orang yang lebih bijak. Tapi sekali lagi cuma sebentar karena besoknya pasti gue jadi orang yang sama seperti sebelum gue termotivasi lebih baik.
Ya, untuk itu, saat hari ini gue lagi tobat, sebelum besok-besok gue ngelakuin kesalahan lagi, gue mau ngucapin sekali lagi, mohon maaf lahir dan batin!
selamat malam :)

2 comments:

  1. ak belum pernah ziarah sebelum puasa :D
    karna makam kakek jauh ada di jawa tengah
    jadi biasa ak doa aja dari sini

    ReplyDelete
  2. Selamat menunaikan ibadah puasa ya dek...

    salam kenal

    ReplyDelete

Ayo dikomentarin... :)