Thursday, September 15, 2011

Yuni Tisna Literary Award 2011 #1

Pernah dengar istilah Khatulistiwa Literary Award? Yaitu ajang penghargaan buat karya-karya sastra dan penulis muda berbakat. Sebenernya, blog gue nggak gue khususkan untuk book review. Mungkin karena sekarang-sekarang ini mood gue lagi bagus untuk membahas buku-buku yang gue baca, maka untuk jangka waktu tak diketahui memang blog gue kebanyakan berisi tentang review-review buku.

Oke, berkaitan dengan KLA dan buku, gue terinspirasi untuk membuat sebuah Yuni Tisna Literary Award. Huehehe. Bedanya sama KLA, di YTLA, nggak ada hadiahnya dan nominasinya jauh lebih banyak. Dan ini hanya sebuah proyek iseng-iseng yang tidak resmi. Penulis yang menang aja nggak gue kasih tau. Jadi intinya YTLA adalah penghargaan personal gue kepada penulis-penulis yang menciptakan karya sastra luar biasa. (Ini subjektif dari sudut pandang gue sendiri).

Ini dia pemenangnya.... *JENG JENG JENG JENG*

  1. Penulis terfavorit
    Dee. (Penulis yang selalu menulis tema tidak populer. Keren. Original dan tidak bertele-tele. Setiap katanya, walaupun "dalam" tapi nggak berat. Beberapa mengandung sindirian yang membuat kita berdecak "iya juga ya").

  2. Penulis pendatang baru terfavorit (yang baru menerbitkan satu buku).
    Wulan Dewatra (Hujan dan Teduh) --> Gue suka karakter yang dia buat dan efek 'nyesek' pas gue baca novelnya.

  3. Novel Metropop
    Miss Pesimis (AliaZalea). --> Gue baru baca metropop setahunan belakangan ini. Karena sebelum-sebelumnya gue lebih menikmati novel-novel remaja yang ringan. Tapi sejak gue nggak sengaja baca novel AliaZalea, gue merubah presepsi kalau novel metropop itu selalu berat dan membosankan. Cerita Miss Pesimis menurut gue cukup bagus. Gue suka setiap karakter yang Alia buat. Hidup, jelas, charming.

  4. Novel Teenlit
    From Paris to Eternity (Clio Freya). --> Fan-Fict pertama Indonesia yang gue baca dan gue kagum banget sama Clio. Tokohnya orang Indonesia dan settingnya di Paris. Dan yang lebih luar biasa adalah genre-nya yang remaja. Gue sempet heran, gimana sih Clio bikin novel secerdas ini dengan genre seperti itu? ckckc... Good Job!

  5. Karakter cowok terfavorit
    Ervin Daniswara (Miss Pesimis). --> Karakter Ervin dalam novel Miss Pesimis buat gue sudah mewakili hal-hal yang gue suka dari sebuah karakter laki-laki. Keren, protektif dan charming sekali :)

  6. Karakter cewek terfavorit
    Fairish (Fairish) --> Ceweknya biasa-biasa aja, dijelasin pinter enggak, bodoh enggak. Tapi orangnya asik dan ceria. Dan Fairish sama sekali bukan tipe "Naysila Mirdad" dalam sinetron-sinetronnya :)


    Itulah dia pemenang YTLA tahun pertama ini. hueheue :)

4 comments:

  1. wah gw doyan novel tapi ini ga ada yg gw tau selain Dee hahahaa..

    budayakan membaca!!
    untuk terjemahan gw doyan sophie kinsella deh, keren. subjektif banget juga si tapi hehee

    ReplyDelete
  2. Hehe... gw juga suka Shopie Kinsella. Terutama yang Confension of a Shopaholic :D

    ReplyDelete
  3. Yang pengen baca2 novel gratis, mampir ke sini yukk! ;)

    http://nayacorath.wordpress.com

    ReplyDelete
  4. @nayacorath hai... terima kasih info dan sudah mampir :D

    ReplyDelete

Ayo dikomentarin... :)