Sunday, August 1, 2010

Cerita

Gue merasa tidak ada yang bisa gue posting, tapi gue tetep pengen posting sesuatu di blog tercinta ini. Makanya, di post ini gue akan menceritakan banyak cerita. Bukan tentang gue karena gue emang nggak terlalu lancar untuk menceritakan kisah gue dari awal sampai akhir seperti yang di lakukan beberapa blogger seperti Raditya Dika

Inilah cerita yang mau gue bagiin di sini :

Kisah Barille

Bayangkan jika kalian adalah pimpinan pasukan dan harus membaca di tengah malam sewaktu ada perang. Membaca yang biasanya adalah hal yang berguna (kalau enggak baca majalah/buku porno) akan menjadi hal yang paling berbahaya. Kenapa? karena membaca dalam gelap itu nggak kelihatan dan kalau mau ngidupin lampu, maka musuh akan tau keberadaan kita dan kita akan gampang kena sasaran peluru.

Nah, bagaimana membaca tanpa lampu?Pikiran yang lumayan cerdas itu dipikirkan Capt. Charles Barbier, perwira artileri Perancis. Dia mengembangkan teknik "membaca malam" dengan kertas yang diberi titik timbul pengganti alfabet.

Sistem "membaca malam" ini selanjutnya dipelajari seorang anak buta yang ditugaskan di Institut Tuna Netra Kerajaan Perancis. Anak buta 13 thn ini merasa sistem Barbier terlalu rumit tapi ia punya ide mengadopsi teknik "membaca malam" bagi kaum tuna netra.

Si anak buta mengusulkan penyederhanaan. Barbier menolak keras & bahkan keluar dari ruangan saat si anak buta ingin menjelaskan. Anak buta itu adalah: Louis Braille. Ia merombak dan membuat sendiri sistem "membaca malam" yang dapat digunakan dengan lebih mudah bagi tuna netra. Dan sejak saat itu dunia buku jadi terbuka bagi kaum tuna netra.

Alat yang digunakan untuk menulis dan menandai dalam sistem Braille adalah jarum. Namun jarum juga yang dulu membuat Louis Braille buta.

Di usia 3 thn ia bermain dengan jarum & tak sengaja menusuk matanya. Terjadi infeksi dan menyebar ke mata yang sebelah. Ia buta total. Namun alat yg membuatnya buta itu juga yang kemudian membantu kaum tuna netra di seluruh dunia dapat membaca dan terus hingga kini.

Nb : bagi kita yang nggak buta, rajin-rajin deh membaca!

--------------------------------------

Laki-laki dan Wanita

Artikel di majalah Discover : laki2 itu sebenarnya perempuan yg "salah hormon". Kita semua asalnya perempuan. Itu juga yg ditulis Michael Crichton dalam filmnya Jurassic Park. Mutasi genetik-lah mengubah aktivitas hormon & menciptakan jantan dari betina. Tentu ini jadi kontroversi bila dibandinng dengan apa yang ada di kitab suci semua agama.

Laki-laki sebagai perempuan yang "salah hormon" juga menerangkan kenapa lebih banyak wanita yang terperangkap di tubuh pria alias tomboi daripada sebaliknya. Jadi para waria, atau yang agak-agak bencong itu bisa jadi adalah cowok yang ingin pulang ke kelamin aslinya. hehe

Jaman dulu, perempuan dianggap inferior karena rata-rata berusaha lebih pendek dari cowok. Kenapa? karena kasus wanita yang meninggal karena melahirkan itu angkanya tinggi sekali.
Dan sejak era modernlah angka kematian akibat melahirkan turun.

Tapi dalam dunia medis sekarang, ternyata perempuan disebut lebih panjang umur dari cowok. Kenapa? karena menurut medis, menstruasi itu mengurangi resiko kena sakit jantung.
Cowok, sejak dari bentuk sperma hinga dewasa di desain untuk cepat dan agresif.
Zeus, adalah seorang dewa yunani paling utama, tapi Zeus selalu takut pad hera, istrinya.

Atas resiko usia pendek maka terdapat dorongan laki-laki untuk menyelamatkan gennya, kalau perlu ya selingkuh atau poligami. Haha
Perempuan juga secara evolusioner tau hal ini, makanya munculah yang namanya kosmetik untuk mengelabui laki-laki.

Alam mempermainkan kita. Disisi lain, perempuan tau akan hamil, melahirkan dan membesarkan anak. Maka mereka mencari pacar/suami atau yang lain yang berpontensi makmur.
Karena penyelamatan genetik masing-masinglah cowok cenderung playboy dan perempuan cenderung matearialistik *diambil dari beberapa sumber.

---------------------------

B A H A S A

Bahasa adalah yang paling sering digunakan dalam membesarkan seseorang.

bahasa daerah dan nilai lokal Indonesia punya bahasa terbanyak di dunia setelah Papua Nugini.
Papua Nugini yang kecil begitu, yang penduduknya 6,7 juta saja, punya bahasa sekitar 820-an. Sedangkan Indonesia sendiri ternyata punya 700 bahasa dengan 240 juta jiwa. Yang selama ini ita salah sangka, 36 provinsi bukan berarti hanya ada 36 bahasa.

Negara ketiga dengan jumlah bahasa terbanya adalah Nigeria dengan 500 bahasa dan penduduk 130 juta jiwa. Dan keempat India dengan lebih dari 400 bahasa dan penduduk 1,2 milyar jiwa.

Bahasa Inggris, yang jadi bahasa dunia utama bisa meluas karena semua orang boleh mengatakannya dengan cara masing-masing. Bahasa Perancis? semua harga mati! ada aturan, salah baca sedikit sudah berbeda arti, makanya gue sering pusing kalau belajar bahasa perancis di sekolah.

Itu sebabnya ada bahasa Inggris- Amerika, Inggris atau mungkin Inggris-Singapura.
Satu sebab kalah meluasnya penggunaan bahasa perancis dibanding inggris di era perdagangan abad ke- 19 adalah kegagalannya beradaptasi.

Dulu orang perancis beranggapan bahwa bahasa adalah agama. Jadi siapa yang salah dalam bahasa perancis adalah orang-orang yang berdosa dan sesat, makanya gue nggak heran kenapa guru bahasa perancis gue sering sebel kalau muridnya salah mengucapkan kosakata perancis. Gue sadar niatnya baik, menghindari kami semua dari dosa dan kesesatan. hehe :)

2 comments:

  1. Saya tertawa mendengar tentang cewek-cowok itu :)

    ReplyDelete
  2. ah aku juga susah buat ceruta tentang dirku
    :D

    ReplyDelete

Ayo dikomentarin... :)