Monday, October 26, 2015

Kuliah Dengan Beasiswa Di Politeknik Negeri Batam? Tentu Bisa!



Mendapatkan beasiswa ketika kuliah menjadi daya tarik sendiri bagi banyak mahasiswa. Bagaimana tidak, kesempatan untuk berkuliah dengan biaya tersubsidi bahkan sampai gratis tentunya sangat menggoda. Uang yang telah disisihkan untuk membayar kuliah bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain yang lebih mendesak tanpa harus bingung memikirkan uang semesteran, atau bahkan, bisa digunakan sebagai modal usaha kecil-kecilan yang jika berhasil tentunya bisa meningkatkan level ekonomi yang bersangkutan. Bagi yang hidup dalam kondisi ekonomi kurang beruntung, beasiswa juga bisa menjadi angin segar harapan untuk menempuh pendidikan tinggi tanpa harus dibayangi ketidakmampuan ekonomi keluarga untuk membiayai.

Saya beruntung sekali, bisa menjadi mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Kampus saya sangat mendukung mahasiswanya untuk berkembang, dan murah hati memberikan banyak beasiswa sebagai penyemangat mahasiswanya untuk terus semangat belajar dan berprestasi. Sewaktu saya pertama kali mendaftar kuliah melalui jalur PMDK (Penelusuran Minat Dan Kemampuan) pada awal tahun 2012, saya mendapatkan beasiswa berupa pengurangan uang masuk hingga 1,5 juta rupiah. Lebih dari setengah dari biaya seharusnya. Ketika saya sudah memasuki semester 3, saya diberi kesempatan untuk menjadi salah satu penerima beasiswa Perintis selama 6 bulan berturut-turut, beasiswa tersebut adalah hasil kerja sama Politeknik Negeri Batam dengan pihak ke-3 yaitu Salman ITB. Dan tahun lalu saya juga diberi kesempatan untuk mendapat beasiswa ketika berhasil menjadi juara 2 dalam lomba animasi tingkat nasional. Beasiswa tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi Politeknik akan prestasi mahasiswanya.

Ketiga beasiswa tersebut hanya sebagian kecil yang ditawarkan kampus saya untuk diraih. Beberapa teman yang menjadi ketua dalam Unit Kegiatan Mahasiswa juga diberikan beasiswa oleh kampus sebagai bentuk penghargaan atas keaktifan dan komitmen mereka dalam menjalankan organisasi kampus, lalu ada juga beasiswa Prestasi yang diberikan setiap semester bagi yang memiliki IPK tinggi. Selain itu, yang tak pernah kalah menjadi incaran, adalah beasiswa Bidikmisi, yang diberikan oleh kampus kepada mahasiswa kurang mampu namun berpotensi tinggi untuk maju dan berprestasi. Beberapa teman yang mendapatkan beasiswa ini sepenuhnya dibebaskan dari biaya kuliah, diberikan asrama di area kampus, bahkan diberikan uang saku bulanan sehingga sangat meringankan penerimanya. Teman-teman penerima Bidikmisi tersebut juga tidak hanya berasal dari Batam saja, namun dari berbagai daerah diseputar Batam seperti Tanjung Pinang, Tanjung Balai, Bintan dan daerah lainnya.

Beasiswa lain hasil kerjasama kampus dan industri di Batam juga patut untuk diincar. Rasanya, tak ada slot-slot yang tidak bisa diisi untuk mendapatkan beasiswa di kampus saya, selama memiliki keinginan yang kuat dan terus menunjukkan potensi baik dalam dunia akademik dan nonakademik, saya yakin Politeknik akan dengan senang hati memberikan dukungannya dalam bentuk beasiswa. Semoga, beasiswa-beasiswa dari Politeknik ini dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa Politeknik Negeri Batam untuk terus berprestasi untuk masa depan yang lebih cemerlang :)


1 comment:

  1. Wah selamat ya. Kayaknya cuma saya satu-satunya mahasiswa yang nggak tertarik sama beasiswa. HAHA.

    Btw, settingan komentarnya diganti dong, jangan bikin new tab gini. Hehe

    ReplyDelete

Ayo dikomentarin... :)