Wednesday, September 3, 2014

Pengalaman Placement Tes di English First dan New School of Chambridge

Hallo everibadi... Wah udah lama gue nggak nongol di blog ini dan rasanya capek banget gue ngelap-ngelapin debu yang sudah bertebaran di sini hehehe...

Yah kali ini gue ingin berbagi pengalaman mengenai Placement Test di dua tempat kursus yang berbeda. Yaitu English First dan New School of Chambridge Batam. Keduanya adalah tempat kursus yang cukup punya nama di Batam dan punya banyak sekali testimonial yang positif. Semoga, pengalaman gue kali ini bisa membantu kalian semua yang sedang mencari informasi mengenai kursus di Batam.

Oke, gue mulai dari Placement Test di EF dulu. Biaya yang dikenakan di EF untuk Placement Test-nya sendiri adalah seratus ribu rupiah, dan tesnya berupa interview dan tes menggunakan komputer. Tes komputernya sendiri terdiri dari 3 bagian, yang pertama adalah Grammar, kedua Listening dan yang ketiga adalah Reading. Untuk soal komputernya sendiri, Listening dan Readingnya sendiri menurut gue cukup mudah. Sedangkan kelemahan gue di Bahasa Inggris adalah grammar jadi no comment deh sama soal-soalnya. 

Setelah melakukan tes komputer kurang lebih 30 menit, gue dipanggil naik ke lantai 2 untuk sesi wawancara yang dilakukan oleh salah seorang teacher di sana. Sedikit kekecewaan melanda gue ketika yang mewawancarai gue bukan native, padahal selama gue ngubek-ngubek Google semuanya bilang sesi wawancara bakalan di laukan sama bule. Sesi ini sendiri cukup lancar walaupun gue di tengah jalan terkadang speechless. Si pewawancara ini memerintahkan gue untuk memperkenalkan diri dan setelah itu dia menanyakan pertanyaan-pertanyaan seperti hobi, apa yang gue lakukan di waktu luang dst. 

Sesi interview ini sendiri nggak memakan waktu cukup lama, hanya sekitar 5 menit aja. Selanjutnya gue disuruh ke lobi untuk menunggu hasil test gue. 

Dan tadaa!

Hasilnya intermediate. Cukup lumayanlah. Dan pada level ini gue bisa join ke dalam kelas Conversation. Tapi untuk beberapa alasan dan pertimbangan, gue belum bisa memilih EF, jadi gue mencoba survei dan melakukan Placement Test di satu tempat lagi, yaitu New School of Chambridge.


Pada awal pertama kita masuk, kita akan bertemu Mbak-mbak jawa berjilbab yang ditemani oleh bule. Nah, gue udah mulai interest nih dari awal. Langsung setelah gue bilang gue tertarik gue diajak untuk ikutan Placement Test. Sama seperti di EF ada 2 tahapan yang harus gue jalani, yang pertama adalah wawancara dan yang kedua adalah tes tertulis. Karena gue -pengen coba kelas untuk IELTS/TOEFL, maka ada dua lembar soal yang harus gue kerjakan. Yang pertama adalah soal yang untuk reguler dan yang kedua adalah IELTS Prepared. Dan.... suerr! Susah banget! Ibaratnya kalau di EF tingkat kesulitannya 6 dari 10, di NSOC ini tingkat sulitnya 8 atau 9. Bahasa Inggrisnya bo, susah habis! Soalnya lebih kompleks, kalau di EF soalnya adalah pilihan ganda semua, di NSOF soalnya berupa pilihan ganda, menulis cerita pendek dan mengisi titik-titik yang kosong dan menulis kalimat dengan tenses tertentu. Dalam 30 menit ada beberapa soal yang nggak gue kerjakan. Pusing!

Tes wawancara dilakukan selama gue mengerjakan soal. Jadi si bule datang dan duduk di depan gue, kemudian mulai menanyai gue. Sama seperti di EF dia meminta gue untuk memperkenalkan diri, dan setelah itu gue mulai ditanyai mengenai keseharian gue, liburan gue dan banyak lagi. Pada akhir sesi dia menanyakan apakah gue punya pertanyaan untuk dia. Tanpa pikir panjang gue pun menanyakan, asalnya dia, berapa lama dia tinggal di Indonesia, apakah dia bisa bahasa inggris. Dia juga menceritakan mengenai pekerjaannnya. Entah ada angin apa gue berhasil mengerti percakapan diantara kami berdua walaupun ada beberapa kalimat yang dia ucapkan bikin gue bingung. 

Setelah selesai gue menunggu lagi di lobinya. Di sana gue melihat kalau tes wawancara gue cukup oke. Nilai speaking gue good dan nilai listening gue OK. Tapi gue harus menunggu sampai besok untuk hasil tes tertulisnya untuk melihat level gue udah sampai dimana agar gue nggak salah kelas. Gue pun memutuskan untuk memilih di NSOC daripada di EF setelah pengalaman gue sendiri di kedua tempat itu.

Semoga pengalaman gue ini berguna ya untuk kalian yang ingin kursus bahasa inggris!

See youuu!!!

5 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. I think you are young smart. You have good character

    ReplyDelete

Ayo dikomentarin... :)