Saturday, May 1, 2010

JURUSAN OH JURUSAN!!

Lama gue nggak nge-posting karna masih bingung sama apa yang mau gue omongin.
Tapi hari ini, ada suatu hal yang sangat penting buat gue (dan mungkin buat orang lain juga). Yaitu masalah jurusan.

Karna gue kelas X SMA dan bentar lagi mau masuk kekelas XI, maka gue udah harus memikirkan jurusan apa yang mau gue ambil (IPS/IPA).

Buat gue,jurusan itu justru hal urusan adalah penentu masa depan.jurusan itu menentukan dibidang apa kita kuliah nanti dan arah karir kita setidaknya dalam 5 tahun kedepan. Gue takut gue salah jurusan. Masuk IPA tapi ternyata nggak sesuai sama keinginan atau sebaliknya. Karna sejujurnya gue sendiri belum tau mau ngelanjutin yang mana.

Tapi setelah melewati proses yang cukup panjang dan konsultasi dengan bokap, akhirnya gue memutuskan IPS lah yang terbaik. Dulu gue berfikir adanya diskriminasi antara jurusan IPA dan IPS. Bagi sebagian orang (dan mungkin gue sendiri) IPA adalah tempatnya orang-orang jenius yang pinter banget. Dan IPS itu tempatnya orang-orang yang "terbuang". Tapi sekarang gue udah paham kalau sebenernya nggak begitu-begitu juga sih (bukan karna gue masuk IPS). Tapi karna sekarang ini gue dalam tahap berfikir secara matang dan dewasa. Walaupun gue nggak begitu pinter dan masih nggak tau juga mau ngelanjutin kemana, tapi gue udah tau (dan berharap) mau jadi apa kedepannya. yaitu :

1. Jurnalis : Dulu sama sekali nggak ada keinginan sama sekali untuk menjadi seorang wartawan. Tapi setelah gue magang dikoran lokal, gue jadi tau kalau menjadi wartawan itu not bad-lah. Gue bisa masuk keacara-acara yang seharusnya bayar jadi geratis, tau acara-acara terbaru dan tentunya jadi nggak gaptek. Dibidang ini gue juga diajarin bagaimana caranya bersosialisasi dan "nggak tau malu". Jadi deket sama banyak orang (narasumber dll). Gue rasa bidang ini sangat dekat dengan sosiologi.

2. Enterpreneur : tentu dalam bidang ini yang dibutuhkan adalah ilmu ekonomi. Gue pengen suatu saat punya usaha. Jadi ownernya. Punya brand sendiri dan punya tempat usahanya sendiri. Bidang ini nggak mengharuskan gue nurut sama bos karna gue lah bos sekaligus pemiliknya. Walaupun mesti butuh kesabaran untuk merintis dari nol dan kedisiplinan.

3. Marketing : Ini juga ekonomi. Gue pengen jadi bagian pemasaran. Menjadi kreatif dengan memikirkan strategi promosi unik dan ingin memajukan usaha yang gue buat ataupun perusahan/kantor/dimana pun tempat gue kerja entar.

4. Polwan : dalam bidang ini IPA/IPS sebenernya nggak berpengaruh. Ini juga keinginan bokap gue. Katanya hidup bakalan lebih terjamin kalau bisa bekerja di instansi pemerintahan. Setelah gue pikir-pikir boleh juga. Siapa tau entar jadi Polwan beneran.

Selain itu masih banyak.. Banyak cita-cita dalam benak gue yang membuat otak jadi kribo. Tapi gue sadar keempatnya adalah prioritas utama gue. Doain ya semuaa!!!

Dan buat yang mau milih jurusan sekarang atau ntar, pilihlah jurusan yang sesuai sama minat, bakat dan arah karir kita kedepan. Apapun jurusannya, kalau kita berusaha dan serius, maka itulah yang terbaik. Dadaaa!!!

No comments:

Post a Comment

Ayo dikomentarin... :)